Translate this Blog here.../ Terjemahan Blog klik disini

Syukuri dan Hargai setiap Cell yg ada di tubuh kita

Jumat, 10 November 2017

GUILLAIN BARRE SINDROM(GBS)

GUILLAIN BARRE SINDROM (GBS)

" Guillain-Barré Sindrom adalah penyakit autoimun yang tergolong langka. Pada penyakit ini, sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi justru menyerang sistem saraf perifer yang bertanggung jawab mengendalikan pergerakan tubuh "

Sebagai akibatnya, penderita Guillain-Barré Sindrom bisa mengalami gejala bertahap yang diawali dari kesemutan dan nyeri pada otot kaki serta tangan. Selanjutnya penderita penyakit ini mengalami pelemahan pada kedua sisi otot tubuh dari kaki dan menjalar ke bagian tubuh atas, bahkan hingga ke otot mata. Dapat pula terjadi gangguan koordinasi.

Gejala nyeri tidak mesti dialami oleh semua penderita Guillain-Barré Sindrom karena sebagian dari mereka ada yang tidak merasakannya. Namun sebaliknya, ada juga yang merasakan nyeri tidak tertahankan, bukan hanya pada bagian kaki dan tangan, tapi juga pada tulang punggung.

Pada kasus Guillain-Barré Sindrom yang parah, penderitanya ada yang sampai mengalami gejala disfagia atau sulit menelan, sulit bicara, gangguan pencernaan, penglihatan menjadi ganda atau buram, kelumpuhan otot sementara (otot wajah, kaki, tangan, bahkan otot pernapasan), hipertensi, aritmia atau ketidakteraturan detak jantung, dan hilang kesadaran atau pingsan.

PENYEBAB GBS :
Belum diketahui secara pasti alasan sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang sistem saraf perifer. Namun dengan adanya sebagian kasus Guillain-Barré Sindrom yang terjadi setelah sebelumnya penderita mengalami sakit tenggorokan, pilek, atau flu, maka para ahli menyimpulkan bahwa autoimun dipicu oleh bakteri atau virus penyebab kondisi-kondisi yang mendasari tersebut.

Jenis bakteri yang juga bisa memicu Guillain-Barré Sindrom adalah bakteri CAMPYLOBACTER yang sering ditemukan pada kasus keracunan makanan. Sedangkan dari golongan virus adalah virus EPSTEIN-BAR, virus CYTOMEGALO, virus pada penyakit herpes, dan virus HIV. Karena Guillain-Barré Sindrom merupakan penyakit autoimun, maka kondisi ini tidak bisa ditularkan atau diturunkan secara genetik. (hds)

DIAGNOSIS
Dianjurkan bagi Anda untuk menemui dokter jika sering mengalami kesemutan, nyeri pada otot tangan dan kaki, atau otot melemah secara progresif dari bagian tubuh bawah menjalar ke atas. Penting untuk melakukan pemeriksaan karena mungkin saja gejala tersebut merupakan gejala awal Guillain-Barré Sindrom. Terlebih lagi jika Anda menjadi sulit menelan, mengalami kelumpuhan sementara pada wajah dan tungkai, sulit bernapas, bahkan pernah pingsan, maka penanganan oleh dokter harus segera dilakukan.

Selain melalui gejala yang dirasakan oleh pasien dan diperoleh dari riwayat kesehatan mereka, diagnosis  Guillain-Barré Sindrom bisa ditentukan melalui pemeriksaan saraf, misalnya studi konduksi saraf untuk mengukur kecepatan sinyal saraf dan elektromiografi yang bertujuan mengukur aktivitas saraf otot. Selain kedua metode tersebut, dokter juga bisa melakukan pemeriksaan cairan saluran sumsum tulang belakang melalui metode yang disebut pungsi lumbal.

PENGOBATAN
Inti dari pengobatan Sindrom Guillain-Barré adalah menangani antibodi yang menyerang saraf perifer guna mengurangi gejala dan mempercepat penyembuhan.

Ada dua jenis metode pengobatan yang bisa dilakukan pada kasus Guillain-Barré Sindrom;

METODE PERTAMA
Pemberian immunoglobulin intravena (IVIg). Melalui metode ini, dokter akan mengambil immunoglobulin sehat dari donor dan menyuntikkannya kepada penderita Guillain-Barré Sindrom dengan harapan bisa melawan immunoglobulin jahat yang menyerang saraf penderita.

METODE KEDUA
Plasmaferesis atau penggantian plasma darah. Melalui metode ini, dokter akan menyaring plasma jahat yang berada di sel darah penderita sindrom Guillain-Barré dengan menggunakan sebuah mesin khusus. Sel darah yang telah bersih kemudian dikembalikan lagi ke dalam tubuh penderita dengan harapan bisa memproduksi plasma baru yang sehat untuk mengganti plasma jahat yang telah tersaring.

Perawatan penyakit Guillain-Barré Sindrom di rumah sakit biasanya akan membutuhkan waktu lama agar dokter bisa memonitor perkembangan kondisi tekanan darah, denyut jantung, dan sistem pernapasan penderita. Bagi pasien yang mengalami kesulitan bernapas, dapat dibantu dengan menggunakan mesin ventilator.

Sebagian pasien ada yang sembuh dalam jangka waktu beberapa minggu dan sebagian lainnya lebih dari itu. Sebagian pasien masih membutuhkan terapi karena tubuhnya masih terasa sangat lelah, lemas dan kebas pada otot kaki dan tangan, serta hilang keseimbangan. Diperkirakan gejala otot lemas masih dirasakan 1 dari 5 penderita Guillain-Barré Sindrom selama tiga tahun sejak awal pemulihan.

Terapi yang biasanya dianjurkan dokter untuk membantu mengembalikan kemampuan gerak pasien dan memulihkan otot yang kaku dan nyeri yang masih terasa adalah terapi OKUPASI dan FISIOTERAPI, Sedangkan untuk memulihkan kemampuan bicara dan mengatasi kesulitan menelan adalah terapi wicara.

KEMATIAN AKIBAT GBS

Risiko kematian akibat Guillain-Barré Sindrom terbilang rendah, yaitu hanya sekitar lima persen dari keseluruhan kasus yang pernah terjadi. Kematian biasanya terjadi akibat komplikasi obstruksi usus, gangguan jantung, dan gagal napas. Orang yang memiliki riwayat sakit paru-paru atau orang yang telah berusia lanjut berisiko lebih tinggi mengalami kematian apabila terkena Guillain-Barré Sindrom

Adakah SOLUSI lain sebagai bentuk USAHA kita dalam mengatasi masalah ini ...?

Tidak ada salahnya bila saya menyarankan untuk mencoba beberapa Produk dari BIOGREEN SCIENCE, selain sudah mempunyai IJIN juga telah TERUJI KLINIS juga AMAN untuk digunakan, yaitu;
APPLE STEM CELL

Di bawah ini (pic) dari testimoni yang sudah mengkonsumsi produk tersebut

LOVE TO SHARE..

Silakan di share.... siapa tau ada keluarga atau teman yang sedang menderita penyakit/ masalah yang sama seperti ini bisa ditolong segera.

Mari sama2 kita doakan agar kesehatan keluarga dan temen sekitar kita bisa terbantu dengan baik melalui informasi produk2 Biogreen ini.

BIOGREEN : Investasi Kesehatan Keluarga Anda

Telp.TAUFAN : 081310467999
More info klik link bit.ly/JuraganApelAjaib
www.biogreenstore.com


Disclaimer:
Hasil yang didapat tiap-tiap orang adalah berbeda tergantung dari berbagai macam kondisi dan faktor. informasi ini adalah sebagai salah satu sumber referensi saja.

#applesc
#guillainbarrésindrom
#biogreenscience








Tidak ada komentar:

Posting Komentar