Translate this Blog here.../ Terjemahan Blog klik disini

Syukuri dan Hargai setiap Cell yg ada di tubuh kita

Kamis, 15 Desember 2011

Capek Bekerja? Inilah Enam Cara untuk Meningkatkan Energy

Oleh: dr. Marfuatus S.

Anda seorang yang mempunyai aktivitas yang luar biasa sibuknya? Anda seorang Pengusaha, PNS, Karyawan, Dosen, Wartawan atau Ibu rumah tangga yang sering merasakan kelelahan atau lebih cepat merasakan capek setelah melakukan aktifitas rutin?

Berikut adalah strategi jitu yang Kami sarankan untuk melawan kelelahan dan kecapekan yang anda rasakan. Iya benar! ketika Anda sudah dalam keadaan lelah dan capek maka Anda merasa seperti mobil yang kehabisan bensin. Di lain pihak hari kerja resmi Anda dapat segera berakhir, hari Anda yang tidak mungkin akan bisa kembali.

...Iya benar! ketika Anda sudah dalam keadaan lelah dan capek maka Anda merasa seperti mobil yang kehabisan bensin. Di lain pihak hari kerja resmi Anda dapat segera berakhir, hari Anda yang tidak mungkin akan bisa kembali...

Apalagi jika Anda adalah seorang wanita karir, mungkin Anda akan melakukan daftar yang mungkin masih mencakup beberapa atau semua tugas-tugas berikut yang akan membuat super capek dan lelah, selain dengan aktivitas rutin anda di kantor di antaranya: menjemput anak-anak, memasak sarapan atau makan malam, berolahraga, mengawasi pekerjaan rumah, merawat orangtua yang semakin menua, berjalan dan memberi makan hewan kesukaan anda atau memberi makan kucing, mengejar tagihan listrik dan telpon atau mengurus pekerjaan rumah tangga.

Bagaimana?? Wow.. mungkin dengan membaca daftar saja dapat membuat Anda merasa lelah dan capek kan??. Selain itu kemalasan dalam bekerja juga terjadi ketika Anda memulai hari kerja baru, setelah Anda berlibur panjang maka kebiasaan yang muncul adalah kemalasan untuk kembali mengisi rutinitas kerja Anda. Anda merasa energi Anda sudah habis untuk liburan sehingga perasaan kecapekan menghantui Anda untuk kembali bekerja.

Nah, dari sini Kami menawarkan enam strategi jitu yang sudah terbukti bisa digunakan untuk melawan kelelahan dan kecapekan yang Anda Rasakan. Beberapa strategi jitu ini menawarkan Anda melalui peningkatan energi instan dan strategi yang lain adalah pengobatan jangka panjang. Anda akan memerlukan sedikit atau lebih banyak kesabaran, tetapi hal itu akan dibayar lebih besar dalam waktu yang relatif jangka panjang. Setelah Anda menguasai energi ini maka energi ini akan mendorong strategi Anda, salah satu dari strategi ini dapat membuat Anda merasa seperti habis tune-up tubuh Anda.

1. Raihlah energi instan dari makanan-makanan sehat

Anda mungkin berpikir "Permen!" adalah salah satu cara untuk meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh anda, tetapi perlu Anda ketahui bahwa meningkatkan gula hanya akan membuat Anda tertinggal lagi dalam satu jam.

"Kami menyarankan untuk meningkatkan energi instan melalui makan makanan kecil yang sehat yang mengandung protein dan karbohidrat komplek", begitu saran dr. Christine Gerbstadt, MPH, RD, juru bicara American Dietetic Association dan peneliti di Drexel University di Philadelphia.

Gerbstadt menambahkan "Salah satu makanan atau asupan untuk mencari karbohidrat kompleks adalah terdapat dalam produk roti gandum. Cobalah biskuit gandum dengan keju rendah lemak, atau sandwich selai kacang pada roti gandum." kata Gerbstadt.

"Dalam beberapa makanan tadi terdapat kombinasi protein dan karbohidrat kompleks (karbohidrat kompleks dapat dicerna lebih lambat dari karbohidrat sederhana) dan akan meningkatkan glukosa darah secara berkesinambungan," kata Gerbstadt. "Dan ini dapat meningkatkan energi lebih lama daripada jika Anda makan permen jelly, misalnya."

2. Makan makanan berkarbohidrat dan berserat

Untuk peningkatan energu jangka pendek dan jangka panjang, Kami menyarankan Anda untuk membuat kebiasaan makan makanan berserat tinggi, sarapan yang kaya karbohidrat, begitu kata Jaimie Davis, PhD, RD, Peneliti di Institut Penelitian dan Pencegahan di University of Southern California, Los Angeles.

Sebagai bukti keberhasilannya, Davis menunjukan sebuah riset yang membandingkan efek dari dua sarapan yang kaya karbohidrat (makanan satu berserat tinggi dan yang satu berserat rendah) dengan dua sarapan berlemak tinggi. Tinggi serat, makanan berkarbohidrat tinggi dikaitkan dengan tingkat tertinggi kewaspadaan antara sarapan dan makan siang. Studi ini dipublikasikan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition.

Untuk meningkatkan serat dan karbohidrat dalam sarapan Anda, maka pilihlah jenis makanan seperti roti gandum atau sereal berserat tinggi. Setengah cangkir sereal berserat tinggi dapat berisi sebanyak 14 gram serat, dan beberapa roti berserat tinggi memiliki 6 gram per slicenya. Tujuan pengkonsumsian ini untuk memenuhi kebutuhan serat selama sehari yaitu 25 sampai 30 gram total serat/hari. Namun Davis mencatat bahwa kebanyakan orang Amerika mungkin hanya bisa 10-15 gram. Bagaimana dengan Indonesia?

3. Istirahatlah secukupnya

Berbagai jadwal kegiatan rutin harian dipandang sebagai suatu pola atau cara untuk mendapatkan banyak hal yang dilakukan dengan cepat. Tetapi dengan mengambil istirahat sejenak dan melakukan apa pun secara rileks selama beberapa menit dapat membantu Anda mengatasi kelelahan dan benar-benar mendapatkan lebih banyak hal untuk dilakukan dalam satu hari, kata Jon Gordon, konsultan yang berbasis di Florida yang telah terbiasa memberikan nasihat pada perusahaan-perusahaan dan atlet tentang bagaimana cara untuk tetap bersemangat kerja.

Salah satunya adalah dengan istirahat sejenak dalam waktu 5 atau 10 menit atau bahkan kurang, karena hal ini dapat meningkatkan energi Anda segera, dan membuat waktu istirahat ini menjadi kebiasaan untuk menyimpan energi Anda sampai waktu jangka panjang, katanya.

"Jika Anda membiasakan istirahat pendek dalam setiap hari, maka Anda akan memiliki lebih banyak prestasi secara menyeluruh" kata Gordon yang juga pengarang buku The Energi Bus.

Sebuah riset tentang kinerja manusia yang dilakukan di Louisiana State University dan dipublikasikan dalam jurnal Komputer dan Teknik Industri, menyimpulkan bahwa peneliti membandingkan tiga jadwal kerja-istirahat bagi para pekerja yang menggunakan komputer. Dari jadwal tersebut memungkinkan bekerja lebih singkat, dan lebih sering istirahat adalah kondisi terbaik dalam hal memerangi kelelahan dan meningkatkan produktivitas.

Dalam riset peneliti menemukan bahwa para pekerja yang mengambil empat kali istirahat per jam, dengan waktu istirahat 30 detik dan diikuti dengan 14-menit istirahat setelah dua jam duduk di depan komputer, melaporkan dapat meningkatkan kinerja yang lebih tinggi dan bekerja lebih cepat, lebih akurat daripada rekan kerja mereka (yang tidak melakukan hal ini).

4. Lakukanlah pergerakan atau jalan-jalan di sekitar kantor

Kemudian untuk meningkatkan energi instan selanjutnya, Kami menyarankan anda keluar dari kesibukan rutinitas Anda selama 10 menit dengan berjalan-jalan atau menyusuri lorong-lorong kantor Anda. "Berjalan adalah pembangkit energi," ujar Gordon. Bahkan 10 menit berjalan kaki dapat membantu Anda mengatasi perasaan kelelahan.

Dan benar, berjalan kaki bekerja lebih baik daripada gula infus. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dua dekade lalu, namun masih sering dikutip, Robert Thayer, PhD, seorang profesor di Universitas California, Long Beach, telah membandingkan efek pemberian energi pada 12 hari yang berbeda pada 18 subjek, baik makan permen atau berjalan cepat selama 10 menit .
Berjalan adalah pilihan yang lebih baik. Dengan berjalan maka dapat meningkat energi selama dua jam. Kudapan gula awalnya memang meningkatkan energi, tapi setelah satu jam, para peserta lebih lelah dan kurang energi.

5. Relaksasi dan renungan santai

Sejumlah penelitian telah menunjukkan efek memerangi kelelahan dengan cara rilaksasi, Anda tidak perlu menyalakan lilin, duduk bersila, atau belajar mantra-mantra syirik. Relaksasi mini dapat keajaiban yang luar biasa, kata dr. Judith Orloff, seorang asisten profesor psikiatri klinis di University of California, Los Angeles dan pengarang buku Positifly Energy.

"Seorang dengan membiasakan tiga menit untuk berelaksasi adalah cara yang tepat untuk menenangkan diri" katanya. "Anda dapat mengisi energi anda sendiri dengan relaksasi. Dan Anda dapat mengontrol energi Anda."

Orloff juga menyarankan berlibur untuk awal yang positif dengan relaksasi mini ketika Anda masih di tempat tidur, kemudian dilanjutkan dengan relaksasi-istirahat singkat sepanjang hari. Anda dapat melakukannya di setiap tempat yang tenang di rumah atau di kantor Anda, kata Orloff. Bahkan Anda dapat menggunakan kamar mandi kantor untuk meningkatkan energi instan dengan cara ini.
"Tutup mata Anda dan ambillah beberapa napas dalam-dalam," kata Orloff. "Mulailah untuk rileks tubuh Anda. Ketika pikiran datang, anggaplah anda berada seperti diatas awan di langit. Biarkan diri anda melayang. Visualisasikan hal yang positif - matahari terbenam, pantai di Hawaii." dan Anda akan segar bugar kembali.

6. Berkumpullah dengan orang-orang Sholeh

Untuk meningkatkan jumlah energi dalam kehidupan Anda jangka panjang, para ahli menyarankan Anda untuk bergaul dengan orang-orang yang positif atau orang-orang sholeh bila memungkinkan. Tentu saja, Anda tidak dapat selalu menghindari orang yang negatif, seperti bos yang murung dan mengeluh karena belanja pegawai yang sepertinya selalu menjadikan orang lain memeriksa Anda.

Orang-orang negatif (pemalas, pemarah, tidak sholeh) memang dapat melakukan lebih dari menurunkan suasana hati Anda, kata Orloff. Beberapa orang dapat membuat Anda merasa begitu ditekan karena kehadiran mereka dan mereka bisa menyebabkan reaksi stres dalam tubuh Anda. Istilah Orloff mereka adalah "energi vampir". Dan stres adalah saluran energi terbesar dari mereka. "Stres seperti sesuatu membakar adrenalin Anda" kata Orloff, "dan ketika dibakar adrenalin Anda maka membuat anda tidak memiliki energi."

Tidak yakin apakah seseorang yang cukup negatif bisa mempengaruhi tingkat energi Anda? Dengan menganalisis bagaimana Anda merasakan dalam kehadiran mereka, kata Orloff. Jika, setelah beberapa menit Anda bersama-sama mereka, maka Anda merasa seperti Anda ingin tidur siang, atau jika Anda tiba-tiba kentut, dan ini memberikan tanda bahwa seseorang tersebut benar-benar membuat Anda tegang. Bahkan mungkin Anda menemukan diri Anda merasa mual atau pusing atau merasakan sakit kepala. "Emosi adalah penangkapan," katanya. (MDw/voa-islam.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar